RSS Feed

Makan malam bersama keluarga tanpa menonton TV baik untuk kesehatan


Kalbe.co.id – Manfaat duduk bersama keluarga untuk makan malam akan hilang bila dilakukan sambil menonton TV, demikian hasil sebuah survei yang dilakukan terhadap lebih dari 1.300 keluarga ekonomi lemah yang memiliki anak usia pra sekolah.

Survei tersebut menemukan bahwa kemungkinan anak diberikan sekurangnya dua buah atau tiga porsi sayuran setiap hari akan meningkat bila keluarga tersebut melakukan makan malam bersama. Namun, kemungkinan pemberian buah dan sayuran berkurang setiap malam ketika makan malam dilakukan sambil menonton TV.

“Manfaat makan malam keluarga tidak dapat menghilangkan dampak negatif akibat menonton TV selama acara makan malam tersebut berlangsung,” Lynn S. Edmunds mengatakan kepada Reuters Health. Edmunds adalah seorang ahli gizi dari New York State Department of Health di Albany, Amerika Serikat. Ia menganjurkan agar orang tua mematikan TV selama acara makan malam keluarga berlangsung.

Menurut laporan yang dimuat dalam Journal of the American Dietetic Association edisi April 2007 tersebut warga Hispanik dan warga Afro-Amerika lebih sering menonton TV saat acara makan malam dibandingkan warga kulit putih, ia juga mengungkapkan bahwa warga Hispanik dan warga kulit putih lebih sering melakukan makan malam bersama keluarga dibandingkan warga Afro-Amerika.

Manfaat buah dan sayuran bagi kesehatan telah diketahui sejak lama, antara lain menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) dan beberapa jenis kanker.

Edmunds berkata,”Kegemaran seseorang akan makanan selama hidupnya mulai terbentuk sejak berusia dini, oleh karena itu orangtua harus membiasakan acara makan dalam lingkungan yang mendukung cara makan yang sehat.”

Anak yang banyak makan buah dan sayuran cenderung mempertahankan cara makan yang sehat tersebut sampai ia dewasa.

Oleh karena itu, sediakanlah waktu untuk makan bersama keluarga dan lakukanlah tanpa menonton TV.

Sesuatu yang sepertinya sepele,seperti makan malam bersama,ternyata membawa dampak dan manfaat yang luar biasa bagi orang tua dan anak-anak. Tidak hanya baik untuk menjalin komunikasi, makan malam bersama juga terbukti dapat menghindarkan remaja dari perilaku buruk. Semakin meningkatnya aktivitas anak sepulang sekolah dan panjangnya jam kerja orang tua, membuat keluarga di zaman modern saat ini semakin sulit untuk mendapatkan waktu yang berkualitas.

Mencuri waktu untuk berkumpul, berkomunikasi, dan berbagi cerita setiap harinya, seperti saat makan malam misalnya, sepertinya selalu gagal diwujudkan. Padahal, banyak pakar kesehatan dan psikologi yang menyatakan bahwa makan malam bersama dalam sebuah keluarga dapat memberikan atmosfer positif untuk tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun psikis. Bahkan, tidak hanya memperbaiki kesehatan gizi dan mental anak, makan malam terbukti dapat menghindarkan remaja dari perilaku buruk.

Sebuah studi terbaru menunjukkan, remaja yang jarang makan malam bersama keluarga secara rutin memiliki kemungkinan lebih besar terjebak dalam penyalahgunaan narkoba, alkohol, atau menjadi perokok, dibanding dengan remaja yang sering menghabiskan waktu makan malam dengan orang tua mereka.

Hasil penelitian juga menyatakan, 72% dari remaja berpikir makan malam dengan orang tua mereka secara teratur sangat atau cukup penting. Lalu, remaja yang melakukannya kurang dari tiga kali per minggu, dua kali lebih mungkin untuk mengonsumsi ganja atau obat resep lain yang akan mereka gunakan untuk mabuk, dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang makan malam sebanyak 5-7 hari seminggu.

Makan Malam Bersama Keluarga Setiap Hari” dapat menjadi efektif jika dilihat bukan hanya konteks makan bersamanya saja. Tetapi  juga karena komunikasi dan percakapan yang tercakup di dalamnya. Tidak ada jaminan bahwa setiap orang tua akan selalu mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga anak-anaknya agar bebas dari perangkap obat terlarang. Namun, pengetahuan adalah kekuatan. Semakin banyak informasi yang Anda tahu, akan semakin baik. Dan kemungkinan besar Anda akan membesarkan anak yang sehat.

Dalam dunia modern sekarang yang dilingkupi kesibukan dan kepadatan jadwal kerja, meluangkan waktu untuk duduk bersama untuk makan malam benar- benar membuat perbedaan dalam kehidupan seorang anak. Pentingnya Makan Malam Bersama Keluarga juga menghasilkan fakta bahwa remaja yang sering makan malam sekitar tiga kali atau lebih seminggu kemungkinan tinggi untuk memiliki hubungan yang “sangat baik”dengan ibu dan ayah mereka. Orang tua yang tidak mampu mengajak anak remajanya untuk duduk di meja makan dapat menggunakan cara dan kesempatan yang berbeda untuk berkomunikasi dengan mereka dan pembicaraan tersebut haruslah dijalankan secara rutin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: